cara_mengetahui_kanker_payudara

Ini 8 Fakta Awal Cara Mengetahui Kanker Payudara

Bagaimana cara mengetahui kanker payudara? Pertanyaan ini seringkali hadir di tengah-tengah kaum wanita. Memang, sedari dini kita mengetahui adanya gejala yang mungkin mengarah kepada kanker payudara, maka tindakan pengobatan dan pencegahan akan sangat membawa dampak yang positif.

Hanya saja, disamping faktor kesadaran yang masih lemah akan bahaya kanker payudara di antara banyak wanita Indonesia, juga kurangnya arus pengetahuan dan informasi akan kanker payudara tersebut di tengah-tengah publik. Kita patut bersyukur, penetrasi media elektronik dan cetak semakin meningkat ke tengah-tengah masyarakat yang selama ini kurang mendapat akses informasi. Harapannya, arus informasi itu juga menyebarluaskan tentang bahaya kanker payudara.

Cara mengetahui gejala kanker payudara dalam tubuh kita sendiri dapat dimulai dengan pendeteksian akan hal-hal di bawah ini. Ini juga penting untuk menangkal banyak mitos yang keliru seputar kesehatan payudara.

1. Tahukah anda mengapa payudara terasa sakit saat menstruasi?
Payudara wanita merupakan organ seksual sekunder yang dipengaruhi oleh hormon estrogen. Ketika menstruasi, secara hormonal menjadi tidak seimbang yang membuat payudara akan terasa penuh, mengeras, atau membesar, dan terasa nyeri bila disentuh.

2. Apakah normal jika ukuran payudara kanan dan kiri tidak sama?
Ukuran payudara ditentukan oleh seberapa banyak jaringan lemak yang dimiliki di payudara. Kebanyakan, bentuk payudara memang berbeda antara kiri dan kanan. Hanya kadar perbedaannya pada setiap orang tidak sama. Hal ini cukup normal. Tapi perlu diwaspadai jika Anda menemukan perubahan bentuk atau ukuran payudara yang radikal.

3. Apakah menyusui bisa mengurangi risiko kanker payudara?
Menyusui bayi selama 27-52 minggu dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara sebagaimana yang dipublikasikan dalam sejumlah hasil penelitian resmi.

4. Mengapa berolahraga secara rutin dapat mengurangi risiko kanker payudara?
Olahraga selama empat jam setiap minggu bisa mengurangi risiko kanker sebesar 30%. Karena itu, American Cancer Society menganjurkan para wanita untuk berolahraga selama 45-60 menit setiap hari.

5. Apakah tanda-tanda kanker payudara?
Yayasan Kanker Indonesia telah memberikan pedoman mendeteksi kanker yang disebut WASPADA.
W (waktu buang air kecil: adakah gangguang atau perubahan kebiasaan?)
A (alat cerna terganggu atau sukar menelan)
S (suara serak atau batuk yang tak kunjung sembuh)
P (payudara atau bagian lain memperlihatkan benjolan)
A (andeng-andeng (tahi lalat) yang berubah sifat, makin besar atau gatal)
D (darah atau lendir yang tidak normal yang keluar dari tubuh)
A (adanya luka yang tak mau sembuh)

6. Mengapa kanker payudara menyerang wanita?
Angka kejadian kanker payudara yang menyerang pria dan wanita adalah 1:100. Mayoritas menyerang wanita karena masalahnya lebih banyak ada pada hormon estrogen dan progesteron. Namun, bila menyerang pria, perjalanan penyakitnya menjadi lebih cepat. Hal ini disebabkan karena jaringan sekitar payudara pria tidak setebal wanita.

7. Apakah kanker dapat sembuh total?
Ketahuilah istilah 5 year survival rate (angka kelangsungan hidup dalam 5 tahun setelah didiagnosa menderita kanker). Lamanya bergantung pada ciri-ciri tumor, ada-tidaknya penyebaran ke kelenjar getah bening, dan ada tidaknya ‘anak sebar’ yang biasa disebut stage TNM (tumor, node, metastasis).

8. Bagaimana kasus ketika payudara harus diangkat?
Ada beberapa prosedur pengangkatan payudara yang tergantung pada stage kanker, yaitu mastektomi radikal klasik, radikal modifikasi, dan simpel. Perbedaan prosedur ini terletak pada banyaknya jaringan kulit, kelenjar, otot dan getah bening yang diangkat. Prinsip dasarnya adalah mengangkat sebanyak mungkin sel kanker beserta struktur yang diyakini sudah diserang. Dengan adanya pengangkatan payudara diharapkan kanker tidak menyebar ke struktur lain.

Ladies, semoga kita semakin cerdas dalam menjaga tubuh kita dari penyakit mematikan yang namanya kanker payudara. Cara-cara mengetahui kanker payudara di atas dimulai dari pokok bahwa kita harus mengetahui terlebih dahulu fakta-fakta seputar kanker payudara. Dengan demikian, kita akan semakin mudah dalam mendeteksi adanya kemungkinan gejala kanker payudara di tubuh kita sendiri. Juga, ini akan memusnahkan aneka mitos yang keliru tentang kesehatan payudara itu sendiri.

Semoga bermanfaat!

Advertisements

Ada Komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s