rambut_rontok_dehidrasi

Rambut Rontok dan Kering Tanda Dehidrasi Rambut

Rambut bisa mengalami dehidrasi, sama seperti kulit. Jika dehidrasi rambut terjadi, maka dipastikan rambut Anda akan terlihat kurang menarik dan bahkan mengakibatkan kerusakan rambut yang parah.

Beberapa indikasi dehidrasi rambut adalah rambut rontok, kulit kepala kering, dan rambut yang bercabang. Nah, coba Anda baca beberapa penjelasan berikut ini:

1. Rambut Rontok
Disebabkan kurangnya kalori yang pada umumnya terjadi pada wanita yang sedang menjalani diet ketat rendah kalori. Hal ini juga mengurangi protein dalam tubuh sehingga berdampak kerusakan dan kerontokan pada rambut. Maka, disamping mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum air putih 2 liter sehari, konsumsi juga sayur dan buah yang memiliki kadar air tinggi. Bila ingin melakukan diet, tetaplah mengonsumsi ketiganya.

2. Kulit Kepala Kering dan Gatal
Ini disebabkan kurangnya nutrisi dan kesalahan merawat rambut. Misalnya penggunaan sampo dengan kandungan detergen keras yang mengurangi kadar minyak dan kelembapan pada kulit kepala. Pakailah masker khusus yang dapat membuka kutikel rambut sehingga nutrisi dapat masuk secara otomatis. Idealnya dilakukan satu minggu sekali apabila sedang mengalami masalah di atas. Hindari sampo yang mengandung isopropil alkohol, glikol polietilen, wewangian, pigmen warna dan natrium lauril sulfat yang mengandung zat pengering. Selalu menggunakan kondisioner rambut setelah melakukan itu.

3. Kulit Kepala Mengelupas
Salah satu penyebab pengelupasan kulit adalah dehidrasi. Kekurangan cairan tentunya memengaruhi jaringan tubuh yang juga mengering sehingga dapat dipastikan kulit kepala bisa mengelupas. Menjaga hidrasi kulit dengan  minum 2 liter air  tiap hari. Selain berguna untuk menjaga kesehatan kulit, juga dapat menetralisasi racun yang ada dalam tubuh. Juga, lakukan konsumsi makanan yang mengandung zinc (seperti ikan dan kacang-kacangan) dan vitamin B (seperti tuna dan avokad) yang dapat mencegah ketombe dan meringankan pengelupasan kulit. Sempurnakan dengan perawatan menggunakan pelembap khusus untuk kulit kepala dan rambut, serta sampo dan kondisioner yang mengandung minyak tea tree karena sangat efektif melawan ketombe.

4. Rambut Kering dan Bercabang
Kadar air dalam tubuh yang berkurang sudah pasti menyebabkan ini, juga karena  jarang menggunakan pelembap (kondisioner atau masker rambut). Ini kerap terjadai pada mereka yang beraktivitas banyak di luar ruangan, rambut Anda sering terkena matahari secara berlebihan, atau rambut yang sering dikenai bahan kimia. Anda wajib menggunakan kondisioner pada ujung rambut dan diamkan sesaat sebelum membilasnya. Selain itu, rutin memakai masker yang mengandung avokad dan madu. Hindari penggunaan air hangat, hair dryer, dan alat lainnya yang memiliki suhu panas. Tidak ada salahnya menggunakan topi atau pelindung rambut, bila sedang melakukan aktivitas di luar ruangan.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bagaimana penanggulangan rambut rontok dan rambut kering tersebut. Intinya, mencegah dehidrasi rambut terjadi pada kita.

Advertisements

Ada Komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s